Wednesday, January 11, 2012

Mengetahui Kehamilan

Mengetahui Kehamilan - Kehamilan adalah sangat didambakan oleh setiap pasangan. Dengan hamilnya seorang wanita maka sebuah keluarga memiliki harapan untuk melanjutkan garis keturunan. Kebahagiaan kehidupan pernikahan juga menjadi lebih lengkap karena kehamilan bayi. Seorang suami biasanya menjadi lebih perhatian terhadap istrinya yang sedang hamil. Setiap hal yang diminta oleh istri ingin selalu diturutin. Orang menyebut ini ngidam acara. Berbagai macam makanan yang dulunya bahkan tidak pernah menyentuh sekarang lebih disukai.
Kenali Tanda Awal Kehamilan Muda

Karakteristik wanita hamil biasanya ditandai dengan mual dan ingin muntah di pagi hari. Apalagi bila ditambah dengan bau bau tertentu, kemungkinan besar ia akan memiliki muntah. Perasaan wanita hamil juga lebih sensitif dari biasanya sehingga masalah kecil yang dibuat oleh suami bisa menjadi masalah besar baginya. Hal ini disebabkan oleh peningkatan tingkat hormon wanita dan produksi hormon kehamilan bahwa wanita lebih sensitif terhadap kondisi lingkungan.
Tapi ada juga beberapa orang yang salah menafsirkan gejala di atas karakter manusia normal. Ada banyak perempuan yang tidak hamil tetapi memiliki tanda-tanda awal kehamilan sebagai perempuan yang sedang hamil. Oleh karena itu, Anda tidak harus salah menilai. Gejala seperti mual dan muntah di pagi hari belum tentu hamil muda.

Jadi apa cara yang dapat Anda lakukan untuk memastikan terjadinya kehamilan? Sebelum Anda melakukan pemeriksaan untuk memastikan terjadinya kehamilan, pertama pastikan bahwa Anda adalah seorang wanita berhenti menstruasi produktif dan siklus Anda.

Siklus menstruasi wanita adalah berbeda. Beberapa mengalami haid hanya 14 hari dalam sebulan, tapi ada juga periode menstruasi yang panjang hingga 28 hari. Jadwal bulan mendatang juga bisa lebih cepat atau lebih lambat. Hal ini dipengaruhi oleh asupan nutrisi, kondisi mental dan kebugaran tubuh wanita. Tapi jika Anda mengalami menstruasi yang biasanya datang terlambat dalam jangka waktu tiga bulan, maka Anda harus waspada. Mungkin itu salah satu gejala awal kehamilan.

Memang benar bahwa siklus menstruasi wanita sering tidak tepat. Tapi jika Anda seorang wanita yang produktif tidak pergi mendapatkan tamu bulanan dan ada gejala awal kehamilan, perawatan kehamilan maka segera lakukan hal berikut:
1. Pastikan Kehamilan Dengan Pengujian Hormon

Setiap wanita yang normal selalu memproduksi hormon progesteron dalam tubuh mereka tetapi dalam tingkat yang berbeda. Seorang wanita hamil memproduksi progesteron lebih dari normal, non-hamil. Progesteron membantu proses pertumbuhan dan perkembangan janin dalam rahim. Hal inilah yang dapat kita gunakan dalam pengujian untuk memastikan terjadinya hormon kehamilan.

Selain memeriksa kadar hormon progesteron, tim medis juga dapat mematuhi jumlah hormon prolaktin diproduksi oleh seorang wanita. Hormon prolaktin adalah hormon bahwa wanita hamil berguna dalam produksi susu ibu (ASI) untuk bayi menyusui. Produksi hormon prolaktin pada wanita hamil ditandai dengan pembesaran payudara dan mengencangkan.

Bagaimana untuk memastikan terjadinya kehamilan juga dapat dilihat dari hasil hormon human chorionic gonadotrophin kehamilan (HCG). Hormon HCG hanya dapat diproduksi oleh seorang wanita hamil sehingga jika ada HCG dalam tubuh wanita maka pasti dia hamil. Kadar HCG pada trimester pertama kehamilan masih kecil tetapi dapat dideteksi. HCG produksi memuncak pada trimester ketiga kehamilan sampai kelahiran dekat.

Kehamilan tes hormon dapat dilakukan dengan bantuan medis dan dilaksanakan dengan cara test pack. Untuk pengujian dengan bantuan medis, Anda akan mengambil sampel darah dan tes hormon dilakukan. Namun, bila menggunakan test pack, Anda dapat melakukan pemeriksaan dengan uji urin di pagi hari. Jumlah garis atau strip yang dihasilkan test pack menunjukkan apakah Anda sedang hamil atau tidak. Memastikan kehamilan dengan cara test pack memerlukan beberapa tes sampai Anda mendapatkan jumlah baris sesuai dengan kondisi hamil positif.
2. Pastikan Kehamilan Dengan USG

Teknologi modern menyajikan pemeriksaan melalui USG (USG) sebagai yang paling akurat dan tepat untuk memastikan terjadinya kehamilan pada seorang wanita. Tes USG dilakukan dengan menggunakan gelombang frekuensi tinggi akan dipancarkan ke dinding rahim wanita itu. Gelombang ke arah dinding rahim menghasilkan gema dan akan diproses menjadi dua-dimensi data tentang kondisi di dalam rahim.

Bagaimana untuk memastikan terjadinya kehamilan dengan tes USG adalah cara yang dipilih oleh banyak perempuan hari ini karena tingkat akurasi yang sangat tinggi. Anda tidak akan menebak-nebak lagi tentang kondisi kehamilan Anda. Tes USG tidak hanya dapat membuat kesimpulan apakah Anda hamil atau tidak, tetapi juga dapat menyajikan data tentang keadaan saat perkembangan janin dalam rahim telah berapa bulan tua. Anda juga dapat memantau perkembangan janin untuk mendeteksi kemungkinan penyakit tertentu dari awal.

Memeriksa kepastian seorang wanita melalui USG hamilnya kesalahan sangat kecil. Metode ini juga memiliki keunggulan tidak menghasilkan nyeri pada wanita diperiksa. Masalah sejauh ini tidak ada dilaporkan atau wanita hamil memiliki keluhan yang signifikan setelah melakukan uji USG. Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa degan pemeriksaan ultrasound adalah cara terbaik untuk memastikan kehamilan. Dengan mengetahui kondisi kehamilan dari awal maka Anda dapat melakukan berbagai persiapan sehingga dapat tumbuh calon bayi yang sehat di dalam rahim dan lahir dengan selamat.
Memastikan Hindari Pemeriksaan Kehamilan ke dukun beranak

Selain dua cara di atas, masyarakat tradisional di Indonesia juga akrab dengan perawatan pralahir untuk dukun beranak. Seorang bidan akan melakukan pijatan lembut pada daerah perut diperkirakan wanita yang sedang hamil. Tapi saya tidak menyarankan cara ini karena akurasi sangat lemah. Dukun beranak memeriksa hanya didasarkan pada adanya pertumbuhan janin dan daging dia tidak bisa mengatakan apakah daging adalah bayi atau penyakit.

Lain kondisi yang perhatian ketika Anda memeriksa kehamilan pada bidan adalah risiko keguguran. Tanpa bermaksud untuk memberi profesi citra buruk dari dukun beranak, memijat daerah perut perempuan (apakah hamil atau tidak hamil) adalah aktivitas yang sangat berbahaya. Ketika wanita hamil, lalu pijat ditakutkan akan menyakiti janin. Sedangkan pada wanita tidak hamil, setelah mereka melakukan pijatan di daerah perut sering mengeluh nyeri pada daerah servikal. Jika ini tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan penyakit berbahaya di kemudian hari.

Sebagai kesimpulan, sebelum medical check up ke pesta jika Anda sedang hamil atau tidak, pertama Anda harus mengetahui gejala awal kehamilan seperti yang pernah saya tulis sebelumnya. Jika gejala kehamilan Anda mengalami dan didukung oleh hasil pemeriksaan medis, maka Anda bisa bahagia karena akan segera menjadi seorang ibu. Segera rumah Anda akan lebih semarak berkat kehadiran bayi.

Semoga kali ini bisa membawa manfaat bagi perempuan Indonesia yang mencari pengetahuan tentang bagaimana memastikan terjadinya kehamilan. Senang senang!

Ditulis Oleh : admin // 1:12 AM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment